STRATIGRAFI CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

South Sumatra

Cekungan Sumatra Selatan adalah back arc basin yang menempel pada Paparan Sunda pada arah NE dan dibatasi oleh Pegunungan Bukit Barisan pada arah SW, yang merupakan busur volcanic/magmatic yang berhubungan dengan zona subduksi yang berarah SW, sebagai bagian dari system Sunda Island arc.

Cekungan ini dipisahkan dari Cekungan Sunda pada arah SE oleh Tinggian Lampung, dan dipisahkan dari Cekungan Sumatra Tengah oleh Tinggian Bukit Tiga Puluh. Cekungan Sumatra Selatan terdiri dari 3 sub cekungan, Sub Cekungan Jambi, Sub Cekungan Palembang Tengah dan Sub Cekungan Palembang Selatan.Pola patahan pada Cekungan Sumatra Selatan didominasi oleh pola berarah N-S dan WNW, Pola patahan ini kemungkinan berhubungan dengan rifting basement pada Paleogen.

Stratigrafi Cekungan Sumatra Selatan ditunjukkan bagian bawah berupa Lahat Group terdiri dari Formasi Lemat dan Formasi Lahat / Benakat Shale yang diperkirakan sebagai sedimen synrift, kemungkinan juga sebagai batuan induk utama pada Cekungan Sumatra Selatan. Pada bagian atas formasi ini berturut-turut diendapkan Formasi Talang Akar, Baturaja, Gumai dan Air Benakat yang umumnya dianggap sebagai sag deposit  atau endapan post-rift, sebagai hasil dari subsidence dan marine transgression.

Transgresive system track terjadi pada Formasi Talang Akar, diikuti oleh pembentukan karbonat pada Formasi Baturaja dan maximum flooding surface dijumpai pada Gumai Shale.

No comments:

Post a Comment